Home > JAVA, Tutorial > MSA APIs

MSA APIs

Dalam pembahasan MSA lebih mudahnya kalo dikelompokkan berdasarkan topik. Berikut ini beberapa pembahasan terkait hal tersebut:

  1. Basic MIDP Platform –> Dasar dari sebuah applikasi di mobile device adalah MIDP dan CLDC. CLDC menyediakan JVM dan pokok dari APIs. MIDP  menambahkan APIs untuk interface ke user, model aplikasi, media penyimpanan, HTTP dan HTTPs untuk networking. MIDP juga dilengkapi dengan push registry, dengan ini sebuah aplikasi dapat menyimpan data di server lain melalui network .
  2. Advance Networking –> JSR 120 (WMA 1.1) memungkinkan sebuah aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan text menggunakan Short Message Service (SMS) atau Cell Broadcast Service (CBS).  Generasi berikutnya adalah JSR 205 (WMA 2.0) memungkinkan pengiriman dan penerimaan images dan media yang lain melalui Multimedia Message Service (MMS). Device yang memiliki hardware Bluetooth dapat memakai JSR 82 Bluetooth API. Sedangkan device dengan Bluetooth atau infrared hardware dapat juga mengimplemantasikan JSR 82 OBEX API. MSA juga di mengadung JSR 180 yang disebut juga Session Initiation Protocol (SIP) API, merupakan cara standart untuk set up communication Session.
  3. Multimedia –> JSR 135, MMAPI menyediakan kapabilitas  untuk memutar dan mengambil bagian dari media (suara,video). Format dan Protocol yang didukung ditentukan oleh capability dari devais. Bagian kecil dari MMAPI untuk memutar file audio merupakan bagian dari MIDP. JSR 234 (Advanced Multimedia Supplement,AMS) merupakan pengembangan dari MMAPI dengan support yang lebih baik untuk kamera dan fiture baru effect audio dan 3D audio.
  4. Advanced Graphics –> MIDP 1.0 menyediakan cabilitas yang sangat bagus untukmembangun user interface menggunakan predifined type sebagaimana kebutuhan menggambar. MIDP 2.0 menambahkan fitur lebih banyak termasuk Game API.  MSA membangun grafik MIDP’s yang cocok dengan grafik API’s yang lebih tinggi. JSR 184 (Mobile 3D Graphics,M3G) API untuk J2ME. Aplikasi dapat menggunakan M3G untuk membangun 3D scenes di udara atau mengunduh dari file. JSR 226 (Scalable 2D Vector Graphics API) mengijinkan aplikasi untuk menjalankan isi dari SVG (scalable vector graphics).
  5. Security and Transactions –> MIDP 2.0 memerlukan dukungan untuk koneksi HTPPS, dimana keamanan yang cukup untuk banyak aplikasi. Sebagai Tambahannya MSA mengandung API’s untuk komunikasi dengan smart card atau membuat pembayaran. JSR 177 (Security and Trust Services, mendefinisikan empat API), tiga bagian dari MSA. SATSA-APDU dan SATSA-PKI berguna untuk aplikasi yang ingin menggunakan smart card untuk bekerja atau  melaksanakan operasi cryptographic. Mereka menyediakan level tambahan dari keamanan untuk sensitif data. SATSA-APDU dan SATSA-PKI adalah kewajiban yang kondisional tergantung dari ketersediaan hardware. SATSA-CRYPTO adalah fungsi umum API cryptographic dan komponen wajib dari MSA. Sebuah aplikasi yang mengijinkan pengguna untuk membayar dapat menggunakan JSR 229 (Payment API). Sebagai contohnya sebuah game yang mengharuskan pengguna membayar untuk level baru bisa menggunakan Payment API.
  6. Location —> JSR 179 (Location API) menyediakan akses aplikasi ke lokasi phisik dari device. Itu dapat bekerja jika devais tersebut mempunyai banyak cara untuk menentukan lokasinya sendiri. metode ini dinamakan GPS.
  7. Advanced Application Invocation –> MIDP 2.0 menyediakan push registry untuk MIDlets dalam merespon masuknya aktifitas network. MSA menyediakan cara lain untuk menjalankan aplikasi, JSR 211 (Content Handler API,CHAPI). CHAPI map mengandung type untuk aplikasi. sebagai contohnya, jika devais menerima file movie, maka aplikasi tersebut dapat dikonfigurasi untuk melihat isi dari file tersebut.
  8. Advanced Application Services –> JSR 75 menyediakan dua APIs yang penting. Personal Information Management (PIM) API, mengijinkan aplikasi untuk membaca informasi yang disimpan di buku telepon, kalender dan daftar telepon. File Connection API, memberikan aplikasi yang cocok untuk membaca dan menulis file untuk disimpan di devais. JSR 172 mendefinisikan API untuk Web Services. MSA hanya membutuhkan satu yaitu Java API untuk XML Parsing (JAXP). Dan akhirnya JSR 238 (Mobile Internationalization API,MIA) mendefinisikan sebuah struktur sumber file dan mendukung API untuk memudahkan dalam pembuatan aplikasi multi bahasa yang dapat disebarkan kepada pendengar di seluruh dunia.

Belajar dan Terus Belajar..

d_yat02@yahoo.com

Categories: JAVA, Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: