Home > Mikrokontroler > Memutar Suara dengan ISD2560

Memutar Suara dengan ISD2560

Pagi Kawan..rasanya ndak nulis sehari di blog ini ndak enak,terasa gatal tangan ini hee… :) .. Teman, kali ini kita akan membahas bagaimana memutar ulang suara/voice yang telah tersimpan di chip perekam menggunakan AVR tentunya..Baiklah teman, chip perekap/pemutar suara yang digunakan buatan winbond dengan seri ISD2560..chip ini dapat merekam suara dengan durasi 60 secon dan memutar suara yang telah direkam.perlu diketahui teman untuk seri ISD2560, dua angka dibelakang menunjukkan kapasitas berapa lama chip tersebut bisa merekam suara,seri lain dari ISD2560 adalah ISD2560/75/90/120.Project ini dapat dipakai pada aplikasi jam digital bersuara, pemanggilan nomor antrian pada loket antrian, SMS suara untuk tunanetra dll..OK kawan tanpa banyak basa-basi lagi kita mulai tahap demi tahap bagaimana memutar ulang suara yang telah direkam menggunakan AVR dalam hal ini ATmega8515.

Seperti biasanya, sebelum kita membuat konfigurasi hardware dengan ATmega8515 kita harus mengetahui konfigurasi dan fungsi dari masing2 pin ISD2560.Konfigurasi pin ISD2560 dapat dililhat pada gambar 1.

2560Gambar 1. Pin ISD2560

Langkah berikutnya adalah melihat timing diagram proses playback yang terdapat pada datasheet ISD2560.Seteleh kita mengerti timing proses playback, tentunya dalam benak kita sudah ada gambaran bagaimana merancang hardware yang terintegrasi dengan ATmega8515..adapun dalam project ini, penulis membuat hardware seperti yang terlihat pada gambar 2.

2560hGambar 2. Konfigurasi Hardware

Dalam rangkaian diatas, penulis menambahkan sebuah rangkaian penguat audio menggunakan LM386 yang datasheetnya bisa didownload disini. Alasan mengapa menggunakan LM386 karena low voltage dan keluaran dari ISD2560 merupakan deferensial ouput.Besarnya gain dari rangkain tersebut dapat diatur dengan merubah-rubah besarnya resistor variabel..Hasil penujian penguat ini dapat dilihat pada gambar 3.

osc8_editGambar 3. Keluaran Penguat audio

Nah,, dalam membuat program AVR yang mesti diperhatikan adalah timing playback,,program yang dibuat harus sesuai dengan timing tersebut,,adapun timing playback dapat dilihat pada gambar 4.

2560tGambar 4. Timing playback

Dari gambar diatas ada beberapa sinyal yang mesti diperhatikan oleh seoarang programmer yaitu sinyal CE,P/R, PD, A0-A9,OVF dan EOM..

Nah teman,,akhir kata selamat mencoba dan berkarya terus,,

Salam

Dayat :)

About these ads
Categories: Mikrokontroler
  1. February 13, 2009 at 5:44 pm

    Mas,mau tanya cara menggunakan isd2560 bagaimana mas?
    klo pake pake AVR ATmega8,gima cara mengkonekkannya?
    thx…

  2. Dayat Kurniawan
    February 16, 2009 at 8:32 am

    Begini mas, masalah koneksi tergantung dari programmnya..jadi dikoneksi ke port manapun bisa, di programnya tinggal setting port mana yang digunakan dan tentunya diperlukan modifikasi program,,tapi umumnya biar mempermudah program mas bisa gunakan portD atau portB sebagai jalur alamat ISD (sudah 8 bit kan), untuk dua alamat sisanya bisa menggunakan port yang lain misalnya PC0 sama PC1..sedangkan untuk sinyalnya (CE,PD,EOM) bisa menggunakan port yang tersisa misalnya PC2,PC3 dan PC4..Sebenarnya masalah koneksi tidak perlu bingung, kalo menurut penulis listing programnya itu yang perlu diperhatikan,mau mudah atau sedikit rumit..
    OK..Selamat mencoba dan tetap berusaha..

  3. February 18, 2009 at 7:14 am

    Tengkyu mas..
    Tp ini blm sempat nyobain, lg ngumpulin duit buat beli isd2560nya..

    Mau tanya lg mas.. Masi newbie niy..:-D
    Itu nanti diprogramnya tinggal manggil aja ato gmana mas?
    Misalnya di lcd atmega8 nampilin angka 1, trus isd2560 ngluarin suara ‘satu’ gitu.Gmana mas?
    Tengkyu sebelumnya..

  4. Dayat Kurniawan
    February 18, 2009 at 9:24 am

    Yup..Sebelum memanggil itu suara, terlebih dahulu mas harus merekan suara yang akan diputar ke ISD2560..Pada saat membeli ISD2560 biasanya sudah disertakan dengan rangkaian perekamnya tapi kalo belum ada ya dibeli sendiri atau buat sendiri juga bisa :) , rangkainnya ada di datasheet ISD2560..Pada saat merekam suara pastikan antara satu suara dengan suara yang lain mempunyai alamat yang berbeda dan pastikan tidak over lap artinya suara pada alamat pertama tidak sampai mempengaruhi suara pada alamat kedua..banyaknya alamat yang dibuat untuk menyimpan tergantung dari lama durasi suara tersebut misalkan suara “satu” selama 2 secon akan memakan 3 byte alamat dari 00-02H, nah suara kedua agar tidak overlab harus disimpan di alamat 04H dan seterusnya untuk suara-suara berikutnya..setelah dipastikan tidak ada yang overlab, tinggal buat program untuk memanggil suara-suara yang sudah direkam berdasarkan alamatnya tadi..untuk koneksi LCD bisa menggunakan akses data yang 4bit jika pin ATMEGA8 tidak cukup, jika masih tidak cukup atau menginginkan koneksi dengan 8bit data tapi kondisi portnya yang tidak memungkinkan bisa diakali dengan menambahkan IC BUFFER/Line Driver misalkan 74HC244/74LS245 yang dipasang di PortD misalkan mas menggunakan port tersebut untuk koneksi ke ISD dan LCD..

    Mungkin mas masih bingung dengan gambaran program ISDnya, berikut ini penulios kirimkan program ISD yang penulis buat..file nya bisa di download di link –> Download
    dari program itu mas bisa modifikasi sendiri…

    OK Semoga membantu.. :)

  5. February 21, 2009 at 9:33 pm

    trimakasih mas.. nanti saia cobanya…

  6. March 2, 2009 at 2:09 pm

    Mas,ak mw tanya,knpa setiap pemutar ulangan pada ISD 2560, konfigurasi pin CE awalnya diberi logika 0 lalu selang delay 100ms-an hrs diberi logika 1? utk apa?
    tq..
    mas,klo bs jwb segera,mau dipake sidang,hehe..

  7. Dayat Kurniawan
    March 2, 2009 at 4:11 pm

    berdasarkan datasheet ISD 2560, pin CE berfungsi sebagai enable chip (start/pause) yang aktif low, sebenarnya Tce kalo menurut datasheet sebesar 100ns,,untuk memulai mengaktifkan ISD, chip akan mendeteksi perubahan tepi turun dari pin CE, karena kondisi t-1 (sebelum diaktifkan) pin CE berlogika 1 maka pada saat t (saat diaktifkan) pin CE harus berlogika 0 (tepi turun)..adapun Tce diberikan 100ns (datasheet) atau pada program yang dibuat tidak boleh melebihi dari durasi file yang disimpan, karena apabila menyimpan file lebih dari satu, maka file pada alamat berikutnya akan langsung terbaca sebagai akibat dari ISD telah aktif..tujuan yang lain diberikan Tce yang kurang dari durasi file yang disimpan adalah apabila diperlukan pemutaran file secara satu per satu secara acak, seorang programmer bisa mengatur dari situ..Dengan diberikannya logika 1 setelah Tce hal ini menandakan bahwa ISD sudah tidak aktif lagi (atau bisa dalam mode pause jika belum ada sinyal OVF), kondisi ini (CE=1) akan digunakan waktu pengaktifan berikutnya (t+1)..
    Smoga bisa membantu…

  8. Riza ndwt
    March 12, 2009 at 12:21 pm

    mas, saya maw buat sistem antrian output suara..
    yang saya bingungkan apakah outputan suara dari ISD volumenya tergantung dari perekamannya??…
    truz kalo misalnya dikasih rangkaian audio amplifier bisa nda??..
    Maz kalo bisa minta rangkaian audio amplifier yang cocok dunk… plizzzzzz
    hehe… maaph ngrepotin

  9. Dayat Kurniawan
    March 13, 2009 at 9:04 am

    kalo tanpa audio amplifier, volume dari ISD tergantung dari volume yang direkam,,agar IDS menghasilkan volume yang lebih keras diperlukan audio amplifier..bisa mencoba menggunakan LM386, dimana rangkaiannya bisa didownload disini..atau bisa cari audio amplifier yang inputnya differensial, karena ouput ISD2560 bersifat defferential..jika ouput dari LM386 masih dirasa kurang keras, bisa dicoba menghubungkannya dengan speaker aktif atau penguat audio yang lain..pada rangkaian LM386, besarnya penguatan(gain) dapat diatur dengan merubah-rubah nilai dari variabel resistor yang terpasang…
    Smoga membantu.. :)

  10. March 20, 2009 at 7:41 pm

    Bisa Bantu g’
    boleh minta gambar yang lebih jelas mengenai rangkaian IC ISD ke Mikrokontroller AVR ATMega 8535?
    Jika saya menggunakan sensor foto transistor sebagai saklar untuk mengaktifkan IC ISD bagaimana konfigurasi pin-pin nya nantinya. Mohon bantuannya karena harga IC ISD sangat mahal jadi saya butuh rangkaian yang pasti biar tdk sia2 buat beli IC Suara nya MAs. Tolong email ke rizal_express@yahoo.com untuk gambarnya mas. Mohon bantuannya Mas. Karena saya masih belajar mengenal Mikrokontroller

  11. Dayat Kurniawan
    March 23, 2009 at 11:19 am

    Rangkaian ISD dengan Mega8535 dapat didownload disini,,di file itu tidak dilengkapi dengan penguat dari LM386, tapi bisa ditambahkan sendiri (rangkaian penguat LM386 bisa dilihat di file PDF)..pada rangkaian yang dibuat, rangkaian foto transistor dimasukkan komporator dari LM324 dan schmitt trigger baru masuk ke port ATMega8535..ATMEGA8535 tersebut yang akan mengaktifkan ISD jika ada perubahan sinyal dari output foto transistor..
    Oh ya sekedar saran,,mohon maaf sebelumnya, kalo mas takut dengan mahalnya IC ISD tersebut, mas tidak akan pernah mendapatkan apa yang mas inginkan..smua perlu pengorbanan mas.. :)
    smoga bisa membantu..

  12. Kenia
    April 1, 2009 at 8:31 pm

    assalamualaikum..

    mo nanya ni mas..
    saya lg tugas akhir ni..
    kbeneran ngambil judul pendeteksi perintah suara untuk aktivasi robot..
    kira” ISD2560 ni bs di aplikasikan ga??
    atau ada saran??
    mikro yg dipake’y atmega 16..
    saya tunggu sarannya mas..
    makasi..

    wassalamualaikum..

  13. Dayat Kurniawan
    April 3, 2009 at 9:57 am

    Waalaikumsalam..
    ISD2560 tidak bisa dipake, ISD ini hanya untuk record dan play saja,,tidak bisa digunakan untuk mendeteksi suara..untuk project tersebut mungkin bisa melihat link berikut http://instruct1.cit.cornell.edu/courses/ee476/FinalProjects/s2006/avh8_css34/avh8_css34/index.html

  14. Rizal
    April 6, 2009 at 10:00 am

    Trimakasih atas infonya, sejak saya meminta bantuan ilmu ke blog orang lewat internet sejak berjuta-juta tahun yg lalu baru kali ini ada orang seperti anda yang mau membalas email ke saya. Terimakasih sekali lagi.

  15. santo
    April 8, 2009 at 9:57 am

    asalamu alikum…

    permisi numpang nanya..
    mas ada g contoh programnya yang pake bahasa tingkat tinggi seperti C atau BASiC ….

    T_b4

  16. Kenia
    April 8, 2009 at 7:42 pm

    wah..makasi mas artikelnya..
    oia..blh nny lg ga ni??
    hehe..
    klw ouput data suara yg masuk ke ISD 2560 bs di rubah jd data digital melalui tone decoder LM567 atau NE567 ga mas??
    atau ada cara lain untuk ngerubah datanya ke data digital??
    makasi mas..

  17. Unknown
    April 8, 2009 at 11:07 pm

    Kebetulan kalo ada yang mau artikel terkait, ada di sini:
    - digilib.petra.ac.id , atau disini juga ada beberapa.
    - http://newerpost.blogspot.com/2009/03/termometer-badan-dengan-output-suara.html
    - Saya juga mengumpulkan materi lain mengenai ISD ini, jadi saya sudah punya beberapa materi, diantaranya: Timbangan badan dengan output suara (pake IC jenis ISD juga), Timbangan digital dengan output suara dan lain-lain, semuanya lengkap. Ada yang mau ngopi?

  18. Unknown
    April 8, 2009 at 7:14 pm

    mas, bikin skemanya pake software apa ya?

  19. Dayat Kurniawan
    April 10, 2009 at 1:07 pm

    banyak software yang bisa digunakan, antara lain: protel, eagle, dxp, altium, pads, dll…penulis biasanya mengunakan software eagle..software tersebut bisa di download di http://www.cadsoft.de/download.htm

  20. Dayat Kurniawan
    April 10, 2009 at 8:27 pm

    waalaikumsalam wr. wb

    maaf mas penulis tidak punya software yang mas maksud..tapi menurut penulis mas bisa convert dari asm ke C atau basic..bisa menggunakan while(){} untuk menunggu sinyal EOM..

  21. Dayat Kurniawan
    April 10, 2009 at 8:34 pm

    menurut penulis tidak bisa menggunakan tone detector karena voice sama tone itu beda…biasanya LM567 digunakan untuk mendeteksi adanya tone yang ditumpangkan dalam voice, digunakan dalam aplikasi telepone dan semacamnya..untuk merubah voice ke digital, coba dipelajari DSP (Digital Sinyal Procesing)..

  22. achyar
    April 22, 2009 at 9:39 am

    mas saya tertarik dengan program perekam suara,,,
    tapi, bisa nggak mas kalau microcontrollernya diganti dengan AT89S51?

  23. Dayat Kurniawan
    April 22, 2009 at 3:54 pm

    sebenarnya program digunakan mengaktifkan ISD,ISD inilah yang merekam suara,,menggunakan AT89S51 untuk mengaktifkan ISD sangat bisa sekali..

  24. tanzil
    April 22, 2009 at 11:02 pm

    selamat malam mas,,
    sebelumnya saya tertarik dengan rangkaian mas…
    gini mas,, saya punya masalah dalam menyusun rangkaian tuk skripsi saya.
    skripsi saya menggabungkan antara software dan hardware, software menggunakan VB…
    nah, hardware yg cocok ke VB itu sy masih bingung..
    ada 2 pilihan satu menggunakan mikrokontroller dan yang satu tidak..
    klo tidak mengggunakan mikrokontroller hardwarenya meliputi Op Amp-ADC-IC MAX-VB..
    pertanyaan saya,, apakah susunan rangkaian saya td sudah pas gk.!!
    atau mas bs memberi solusi lain.??
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  25. achyar
    April 22, 2009 at 11:14 pm

    selamat malam mas,,,
    sebenarnya mas, apa debanya ic isd 1420 dengan ic isd 2560?
    dan saya bingung dalam bahasa pemrograman mas, bisa bantu ga mas dalam pembuatan bahasa perogramanya?
    dan saya mau nanya lagi apabila kita makai at89s51 pin-pin berapa ja yang digunakan untuk inputan pada rangkaian perekam suara?
    dan kalau saya makai atmega8535 apakah sama dengan atmega 8515?
    dan saya sangat butuh bantuan mas dalam pembuatan skripsi saya?
    sampai sekarang saya masih bingung,
    untuk pemakaian ic isd dalam perekam suara apakah pakai isd 2560 atau 1420?
    dan saya bingung dalam mikronya
    apakah pakai at89s51 atau atmega 8535?
    dan dalam bahasa pemrograman…
    dan harga isd yang murah dimana mas???

  26. Dayat Kurniawan
    April 23, 2009 at 8:42 am

    mohon maaf, aplikasi apa yang mas buat??
    kalo dilihat dari susunan hardware yang mas rencanakan, disitu mas menggunakan MAX yang artinya ada komunikasi serial antara VB dengan hardware…kalo ada komunikasi serial tersebut, hardware yang mas susun ndak bisa jalan, agar bisa jalan perlu ditambah IC yang menangani masalah komunikasi serial, salah satu IC tersebut adalah mikrokontroller…
    klo yang mas maksud seperti yang saya ilustrasikan diatas, maka mas harus menggunakan mikrokontroller sebagai devais yang menangani komunikasi serial, kalo jadi menggunakan mikrokontroler pake yang sudah ada ADC internalnya misalnya ATMEGA8, dengan menggunakan ATMEGA8 disamping lowcost anda tidak perlu diributkan masalah rangkaian ADC eksternal..
    Semoga Bisa Membantu..

  27. Dayat Kurniawan
    April 23, 2009 at 8:57 am

    pada dasarnya sama antara isd1420 dan isd2560, cuman ada fitur yang dimiliki isd2560 tidak dimiliki isd1420, perbedaan berikutnya adalah kemampuan lamanya dalam menyimpan suara klo isd1420 = 20secon, isd2560 = 60secon, sekarang tergantung dari aplikasi mas mau bikin aplikasi apa??
    soal bahasa pemograman Insya ALLAH bisa saya bantu..soal mikrokontroller mana yang dipake, bisa dipake dua-duanya ndak ada masalah antara pake mega8535 dan mega8515..klo soal harga mana yang murah, mas mesti cari2 di toko elektronik terdekat atau coba pesen di toko elektronik online..

  28. tanzil
    April 23, 2009 at 9:45 am

    berarti tanpa mikrokontroller memang tdk bs y mas..
    sekali lagi saya mau minta tlg mas,, klo gitu dengan kata lain susunannya adalah sebagai berikut:
    Op Amp – mikrokontroller – IC max – kabel RS – tampilan (VB)..
    kira-kira benar tdk susunannya diatas mas,, saya bingung. mungkin mas bisa mengoreksi rancangan saya, klo memang ada yag kurang mohon bantuan mas untuk membuat interfacenya yang mas tau..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  29. achyar
    April 23, 2009 at 9:57 am

    selamat pagi mas,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas udah mau membalas pertanyaan saya dan sudah mau membantu saya,,
    maslah mikro saya pakai yang at89s51,
    dan dalam pembuatan skripsi saya saya membuat suatu alat yang bisa mengeluarkan 4 suara dengan menggunakan ic isd 2560,
    apakah bisa mas???
    suara yang saya inign keluarkan:
    1. transmitter 1 middle marker wilcox mk 2 field
    2. transmitter 2 middle marker wilcox mk 2 field
    3. transmitter 1 outer marker wilcox mk 2 field
    4. transmitter 2 outer marker wilcox mk 2 field
    apakah kita bisa merekam suara dalam satu ic isd 2560 mas?
    dan dalam rangkaian saya ini saya ingin, apabila terjadi alarm pada peralatan saya, seperti middle marker yaitu, transmitter 1 maka mikro ini bisa mengaktifkan perekam suara,
    sehingga suara yang keluar, seperti pada nomor 1,
    apakah bisa mas membantu saya dalam pembuatan programnya,,,,,,
    dan sebelumnya saya memperkenalkan diri,
    saya kul di akademi penerbangan, jurusan navigasi dan telekomunikasi, dan saya kul dimedan,,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas.
    selamat pagi mas…..

  30. achyar
    April 23, 2009 at 10:00 am

    saya lupa mas, ada satu hal lagi yang ingin saya tanyakan.
    apakh kita bisa mengontrol besar, kecilnya volume suara yang keluar pada rangkaian perekam suara?
    dan apakah kita bisa memprogram rangkaian perekam suara dengan berulang ulang?
    dan sebelumnya saya minta mav mas,
    saya bisa minta nomor hp mas?
    sekali lagi saya minta mav mas.

  31. Dayat Kurniawan
    April 23, 2009 at 11:14 am

    iyya rancangan mas sudah benar..tinggal membuat program yang menangani input dari opamp dan mengeluarkan data secara serial..

  32. Dayat Kurniawan
    April 23, 2009 at 11:26 am

    ISD2560 bisa merekam suara dengan durasi 60 secon yang artinya asalkan waktu merekam ke-4 suara tadi tidak lebih dari 60 secon ISD ini bisa digunakan..untuk mengatur besar kecilnya suara bisa menggunakan tambahan rangkaian amplifier setelah ouput ISD..untuk program berulang-ulang bisa tinggal di looping aja…mas bisa mengubungi Penulis lewat email ato no HP yang ada di page Who Am I?

  33. tanzil
    April 23, 2009 at 1:49 pm

    makasi y mas..
    mas ad gk artikel mengenai rangkaian saya diatas..
    saya masih bingung menggabungkan antara bagian-bagian rancangan tersebut.!!
    sebelumnya terima kasih..

  34. achyar
    April 23, 2009 at 2:07 pm

    ok mas, thanks y.
    dan tolong saya mas dalam penulisan bahasa pemprograman nya ya mas,
    selmat siang

  35. femi
    April 24, 2009 at 9:35 am

    assalamu’alaikum..
    mas mw ikutan dunk…
    mas kalau nggak pake amplifier, output suaranya sudah bisa kedengeran nggak?
    mas kalau programnya (bhs. c) ribet nggak?
    thx…

  36. Dayat Kurniawan
    April 24, 2009 at 9:50 am

    udah lumayan kedenger kalo gak pake amplifier tapi masih tergantung dari volume waktu merekam..kalo pake C, sepertinya lebih mudah dan ndak terlalu ribet..

  37. Dayat Kurniawan
    April 24, 2009 at 9:52 am

    artikel bnyak di internet, coba ditanyakan di mbah google..jangan lupa cari datasheet dari komponen yang digunakan, bisanya di datasheet sudah diberikan rangkaian konfigurasinya seperti datasheet max232 untuk komunikasi serial..

  38. femi
    April 24, 2009 at 10:43 am

    mas ad cth proramnya ga?

    thx y…

  39. achyar
    April 24, 2009 at 1:54 pm

    selamat siang,
    mengenai bahasanya gimana mas?
    ada ga mas?

  40. Dayat Kurniawan
    April 24, 2009 at 3:59 pm

    bisa dicoba program di link ini
    http://www.ziddu.com/download/4442724/isd_c.zip.html
    semoga bisa membantu.

  41. Dayat Kurniawan
    April 24, 2009 at 3:59 pm

    Maaf belum dibuatkan,,pake asm ato C?,,akan diusahakan,,gambar rangkaiannya gimana?input ke mikronya aktif low/hight agar ISDnya aktif..

  42. ndik
    April 26, 2009 at 9:34 pm

    mas bs minta tolong
    aku lg buat tugas akhir tentang ic isd2560..
    saya bingung mas, waktu kita mau rekam suaranya jarak kita ngomong ma mic nya harus dekat mas,, biar hasil suaranya bisa lebih bagus.

  43. Dayat Kurniawan
    April 27, 2009 at 10:18 am

    klo maslah itu,,mas perlu mencoba2 mana yang menghasilkan rekeman yang lebih bagus,,tergantung dari kondisi waktu merekam dan suara perekam itu sendiri…

  44. achyar
    April 27, 2009 at 12:36 pm

    saya menggunakan bahasa asambly,
    trus mengenai gambar rangkaian nya, belum mas, karena ic na belum sampai,
    mas apakah bisa mikro at89s52, menggunakan bahasa c?
    mas saya menggunakan mikro at89s52,
    ada ga bedanya antara 51 dengan 52,
    karena kebetulan saya pernah belajar tapi pake mikro 52?
    sebelumnya terima kasih mas,
    mav ya mas udah ngerepoti,

  45. ndik
    April 27, 2009 at 2:05 pm

    oiya makasi banyak mas ,, tar saya coba-coba dlu,,,

    bisa minta no hp mas

    plisss

  46. Dayat Kurniawan
    April 27, 2009 at 3:44 pm

    no HP ma email ada di page Who Am I?

  47. Dayat Kurniawan
    April 27, 2009 at 4:05 pm

    89s52 bisa menggunakan C,,beda 51 dng 52 terletak pada kapasitas memory Flash, RAM, fasilitas interupt, dan timer..

  48. Ahmad
    May 11, 2009 at 3:09 pm

    Assalamu’alaikum..

    Maaf mas mengganggu. Saya butuh sekali menanyakan sesuatu yang sangat penting.

    Gini ceritanya, saya ingin membuat alat ini:

    Alat ini saya buat untuk merekam beragam suara dengan alamat yang berbeda-beda. Misalnya 1110 1111 suaranya “Hai”, 1111 1111 suaranya “Hello” dan seterusnya. Tapi setelah saya coba, alatnya g berhasil.

    Pertama saya coba rekam pada alamat (A7-A0) 1111 1110 suaranya “a”. Pada saat di play back memang keluar suara “a” tetapi pada saat saya ganti kealamat lain 1101 1110 lalu saya masukkan suara “c”, ternyata suara “a” sudah tidak ada lagi, dan semua alamat2 yang belum diisi juga berubah menjadi “c” misalnya ketika dimasukkan alamat 1010 1010 suaranya juga “c” padahal saya tidk memasukkan suara ini pada alamat tersbut.

    Kira2 apakah ada solusi agar ide saya tersebut brhasil? Yang salah dari rangkaian saya itu apa ya?

    Mohon jawabannya, Terimakasih banyak

  49. Dayat Kurniawan
    May 12, 2009 at 2:11 am

    Kemungkinan terjadi over write suara yaitu kesalah prosedur waktu merekam suara dan berapa alamat yang dibutuhkan untuk merekam 1 secon suara atau berepa secon untuk 1 bit alamat..
    @prosedure merekam suara : bisa dilihat pada datasheet hal 13-14, pin CE harus segera berlogika high jika suara telah selesai direkam.
    @hubungan alamat sama waktu
    misalkan menggunakan ISD25120 –> 120 secon
    alamat yang dipake A0-A9 —> 2^10 = 1024 alamat
    1 bit = 120/1024 = 0,09 secon
    1 secon = 1024/120 = 8 bit
    nah dari perhitungan tersebut, mas bisa kira-kira butuh berapa alamat untuk merekam suara 1, suara 2, dst..
    perlu dikasih jarak 1 bit untuk setiap perekaman suara..

    Semoga bisa membantu :)

  50. May 13, 2009 at 12:43 am

    @prosedur merekam suara, insya Allah sudah benar. Sewaktu merekam suara saya tekan tombol start sehingga CE berlogika low, setelah merekam tombol start (CE) saya lepas sehingga CE berlogika High.

    @Alamat yang saya pake A0-A7 –> 256 alamat
    1 bit = 120/256 = 0.46 sec
    1 sec = 256/120 = 2 bit

    Aduh maaf mas, jawaban mas yang kedua ini saya belum paham.

    “perlu dikasih jarak 1 bit untuk setiap perekaman suara..”

    Apakah maksud mas perlu diberi jarak 1 sec untuk setiap perekaman atau memang cuma 1 bit saja?

    Perekaman yang saya contohkan sebelumnya, saya memasukkan suara “a” -pake’ rangkaian sya diatas- pada alamat FE SETELAH ITU saya masukkan lagi suara yang lain, yakni “c” pada alamat DE. Tapi tetap g bisa, padahal sudah ada jarak 1 bit kan?

    Mohon solusinya, terikasih banyak sebelumnya

    Ahmad

  51. Dayat Kurniawan
    May 13, 2009 at 2:52 am

    Maaf Mas, untuk hubungan waktu sama alamat ada kesalahan..ternyata ISD2560/75/90/120 mempunyai 600 ruang alamat, jadi tidak berdasarkan perhitungan diatas..
    sehingga setiap ruang alamat untuk ISD25120 membutuhkan waktu 0,2 secon
    untuk lebih jelasnya tentang addressing bisa dilihat disini Mas http://www.ziddu.com/download/4726428/applicationnote1.PDF.html
    untuk jarak antar suara cukup dikasih jarak 1 bit aja..
    coba mas sekarang mulai merekam dari alamat 0000h untuk suara pertama, suara pertama membutuhkan 1 secon otomatis ruang alamat yang terpake sebanyak 5 (00h-04h –> menggunakan ISD25120)..untuk merekam suara kedua, mas taruh ke alamat 06h,,begitu seterusnya…

  52. May 18, 2009 at 11:08 pm

    sebelumnya, saya berterima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

    Setelah saya coba tips dari mas, ternyata masih belum bisa juga.

    Saya yakin sekali yang salah kemungkinan pada hardware yang saya buat untuk merekam ini

    [http://statics.ilmoe.com/kajian/users/ashthy/Proyek3.JPG]

    Atau kalo ada yang punya rangkaian lain yang ffungsinya sama, saya minta ya. Kalo saya harus beli juga g apa2, sebutin harga saja, saya pusing banget nih.

    Ada yang tau?

  53. Dayat Kurniawan
    May 19, 2009 at 3:52 am

    ayo mas semangat…kalo dilihat rangkaian mas,,switch yang terhubung ke alamat itu cuman terhubung ke Vcc, yang satunya kok ndak terhubung ke ground..…sekarang coba di bandingkan dengan punya saya..http://www.ziddu.com/download/4809150/isdboard.zip.html

  54. May 21, 2009 at 10:55 pm

    Waduh, makasih banyak nih mas.
    Mudah-mudahan berhasil.

    Oya, btw, rangkaian ini sudah pernah mas coba belum?

    Kemungkinan bulan ini belum bisa saya coba, nanti malam insya Allah sya ke rumah sakit, mau operasi.

    “Yang satunya kok ndak terhubung ke ground”
    Maksud mas, yang A7 (pin 8)?
    Soalnya seingat saya, yang harus di hubungkan ke ground itu hanya A8 dan A9.
    Pertanyaan:
    1. Kira2 kalo rangkaian saya itu A7-nya saya masukkan ke ground juga apakah bisa berhasil?
    2. Kalo misalnya saya ganti hardware pengalamatan yang saya gunakan dengan hardwarenya mas, apakah bisa berhasil?
    3. http://statics.ilmoe.com/kajian/users/ashthy/isdboard2.JPG apakah kaki 28 bersambung dengan kaki 16 dan vcc?

    Terima kasih atas jawabannya.

  55. Dayat Kurniawan
    May 22, 2009 at 2:33 am

    pertama kali saya ucapkan semoga operasinya berjalan lancar dan mas segera sembuh..
    untuk pertanyaan Mas,,semuanya itu perlu dicoba mas mungkin mas sudah tau hal itu,,bahwa di dunia elektronika meskipun hardwarenya sama ada kemungkinan hasilnya berbeda,,banyak faktor X disana…
    Rangkaian yang saya buat itu belum saya coba,,rangkaian yang saya buat itu pada dasarnya mengacu pada Datasheet ISD2560, cuman saya tambah audio amplifier dan switch untuk pengalamatannya…maksud pertanyaan saya “yang satunya kok ndak terhubungke ground” adalah coba mas liat switch yang terhubung ke alamat (A0-A7), di situ satu kaki switch terhubung ke VCC dan satunya tidak terhubung kemana-mana,nah pertanyaan saya yang ndak terhubung kemana-mana itu menurut saya seharusnya terhubung ke ground,,misalnya begini, ketika mas merekam dengan alamat 05h = 0000 0101 b –> dimana 1 = 5V, 0 = 0V, nah kalo ndak terhubung kemana-mana, ISDnya memabaca apa pada alamat A1,A3 dst,,itu 0v atau 5V??

    Sebenarnya rangkaian kita sama, cuman bedanya terletak di switch yang terhubung ke alamat ISD..
    @pertanyaan 1 dan 2 : saya ndak bisa mengatakan berhasil atau tidak, semua itu perlu dicoba..
    @pertanyaan 3 : kaki 28 (VCCD), kaki 16 (VCCA) –> supply digital dan analog, kalo dilihat di datasheet hal 33 dia terhubung ke VCC..

    semoga bisa membantu…saya minta maaf kalo jawaban saya kurang bisa membantu mas dan membuat mas bingung,,kita disini sama2 belajar,,terima Kasih..

  56. June 16, 2009 at 11:23 am

    mas… bisa mintah contoh pemrograman pake bahasa bascom ga?
    untuk inisialisasi atmega8535 dengan isd2560/120.. trimakasih..

    trus pada saat record dan play gimana prosedurnya mas? masalah pemanggilan alamat ginama? masih bingung mas..
    maap merepotkan..:D

  57. Dayat Kurniawan
    June 18, 2009 at 2:28 am

    maaf ndak pernah cobain pake bascom..
    mengenai prosedure record/play sudah ada di datasheet..pemanggilan alamat disesuaikan dangan alamat dimana voice disimpan..

  58. July 4, 2009 at 12:03 pm

    mas, saya bikin rangkaian seperti ini:

    tapi kok recording g bisa ya? ada yang salah kah? tolong mas…

  59. July 9, 2009 at 8:39 am

    mas maap nih,,,,,
    mohon bantuannya mas….
    masih tetap g bisa recording nih,,,,
    thx

  60. Dayat Kurniawan
    July 13, 2009 at 1:30 am

    maaf mas baru dibales…seminggu kemaren ada training…
    setelah melihat rangkaian mas…tombol buat pin PD dan CE ndak dikasih…mungkin karena itu ndak bisa merekam…

  61. July 13, 2009 at 10:50 am

    terima kasih mas,
    akan saya coba,

  62. July 13, 2009 at 10:50 am

    Oooo…
    terima kasih mas,
    akan saya coba,

  63. July 17, 2009 at 9:00 am

    mas bisa tolongin g mas … aQ lagi TA nih judulnya diganti ma dosen outputnya harus suara jngan tampilan LCD .. bikin alat suhu tpi ditampilkan ke output suara ..

    misal suhu 30 derajat output suara ngomong suhu 30 derajat … sedangkan saya g tw .. ouput suara kyak gimana ???

    programnya pke bahasa C saya menggunakan atmega 8535 .. please mas … bantuin :( :(

    makasih ya mas dah mau bantuin ..emailnya saya tunggu … awal september saya pendadaran mas

  64. July 17, 2009 at 3:32 pm

    mas kalau bisa aQ bisa kirim no hp mas bs g??? buat aq shering tentang alat ku ini …. sapa tw ada errornya mas

  65. July 17, 2009 at 3:47 pm
  66. Dayat Kurniawan
    July 27, 2009 at 9:10 am

    mengenai email + no HP sudah ada di Who AM I pada blog ini….

  67. July 31, 2009 at 4:02 pm

    Pin PD ama PR udah saia kasih switch. Sedangkan pin CE saia kasih pushbutton.
    Saat rekam, PD=0, PR=0, CE=0(ditahan pushbuttn biar 0 saat rekam, selesai rekam dlepas lg). tp kok pas di play g keluar suara y mas.(PR=1) Masalah mic saia kasi preamp dan speake saia tambah ic386.
    Minta petunjuk lg mas,apa ada prosedur yg salah?
    udah nabrak detlen nih.. Help y mas..

  68. Dayat Kurniawan
    August 3, 2009 at 1:20 am

    maaf baru dibalas…menurut saya mas liat lagi timing diagram hal 16 di datasheet ISD25560 sudah bener apa belum…kalo masih belum bisa, coba preamp dan ic386 nya dihilangkan untuk sementara…

  69. August 3, 2009 at 4:02 am

    Insyaallah timing diagram dah bener.
    Setiap alamat saia pakai kurang dari 2detik kok, alamat pertama 0A,kedua=1A,ketiga=2A,dst.. Saia kasi 16bit..

    Pream+386 juga dah dlepas,tp msi sama aja mas. Pas di play cuma dger suara dengung aja trus behenti. Kyak suara blm masuk. Gmana tuh mas? Bener2 bingung ini..

    Oia mas,kalo kapasitor yg di datasht itu elko apa millar? Terutama yg 0.1uF,.
    Mohon banget bantuanya mas.. Trimakasih sbelumnya..

  70. Dayat Kurniawan
    August 3, 2009 at 6:10 am

    0,1uF kalo dari gambar datasheet –> milar,,coba cek mic nya…kalo di cek mic langsung speaker keluar suara tidak?,,,
    alamatnya pake switch kan… misalkan 01h –> kondisi switchnya : off off off off off off off on

  71. August 13, 2009 at 4:28 am

    dari a7-a0 mas.. 01h -> off off off off off off off on

  72. jymmy
    October 29, 2009 at 10:36 am

    mas IC ni dpt d belidmn????? n source code icmikro nya mn?????
    mksih

  73. Dayat Kurniawan
    November 3, 2009 at 6:07 am

    ICnya bisa dibeli di digi-ware.com kalo kesulitan bisa lewat saya juga….source code nya? pake Mikrokontroller apa? Bahasa apa? C atau asm??

  74. December 21, 2009 at 7:29 am

    siang mas, saya lagi belajar membuat led matrix dan mesin antrian dengan at89s51, kendalanya membuat suara / merekam suara, apakah mas dapat bantu saya semacam tutorial yang lengkap?karena saat ini saya sangat membutuhkan…
    dan tolong dalam bahasa assembly….

  75. December 21, 2009 at 7:58 am

    Wah mantap mas. saya juga pernah buat jam digital berbicara menggunakan ISD2560 sewaktu kuliah dulu, tapi dengan LM386 hasil output suaranya kurang bagus, ada saran supaya bisa mengurangi noise, atau ada chip lain yang lebih baik? Makasih infonya :)

  76. Dayat Kurniawan
    December 22, 2009 at 2:09 am

    @ Egi -> comport – hiperterminal : mungkin bisa dicoba secara hardware yaitu pin TX dihubungkan langsung ke RX,,cara menambhakan direxshow9 tinggal tulis saja di bagian uses,,soal IPcam memang benar camera ini dilengkapi dengan IP sehingga pengaksesannya lewat IP,,soal delphi mengirim perintah serial cukup dengan comport1.writestr(“da”);
    @ Karso -> coba Jumper 1 nya dilepas jangan terhubung..
    @ Bonanks -> tinggal merubah program,,berapa lama tahannya??selama ICnya ndak rusak masih bisa diguanakan..
    @ Beni -> modul ini bisa digunakan terpisah dari writer utamanya…tinggal menuliskan program play yang saya sertakan di CD pendukung…
    @ Edi -> memang masih ada noise,,di kasih low pass filter di inputnya,,atau kalau bapak ingin mencoba IC lain bisa mencoba aP89W24USB Voice OTP Development System

    @ All –> semoga bisa membantu..

  77. romeo
    December 23, 2009 at 6:35 pm

    pak kapan nech utek2 mikro buat tcp IP q tunggu projectnya njenengan

  78. budi setiyo
    December 25, 2009 at 2:50 am

    ada yang perlu IC ISD25120 tidak tak jual harga murah juga bisa disainkan alat dan program mikro apa saja hub 0888 0276 7057

  79. fortuna
    January 3, 2010 at 1:37 am

    fortuna 02748310154 Anda bingung bantuan skripsi informatika atau eletronika dan t.sipil, hub Fortuna, no hp 0274-8310154, atau email ke penyimpan73@yahoo.com, jasa rp.1jt-an

  80. Art
    January 17, 2010 at 4:25 am

    mas dayat trimakasih…tulisan anda berguna sekali buat saya…hehe

    @mas budi setiyo : durasinya berapa menit itu mas??? saya butuh yang sekitar 10 – 16 menit ada g??

  81. Dayat Kurniawan
    January 18, 2010 at 5:23 am

    @Nana -> mohon maaf rangkaiannya ndak bisa di posting..
    @Art -> sama2, yang 10-16 menit ada pake ISD4004, coba dilihat disini http://hanundany.wordpress.com/2009/10/09/dijual-modul-writer-isd4003/

  82. January 21, 2010 at 3:17 pm

    mas,saya andika,dari universitas jember-jawa timur.fakultas teknik elektro.
    skrg saya lg buat tugas akhir tuk persyaratan wisuda.saya buat alat yang didalamnya terdapat rangkaian ISD 2590.saya bingung bagaimana caranya memprogram agr dpt di baca oleh ATMEGA 8535??
    Mohon bimbingannya…
    terimakasih

  83. Dayat Kurniawan
    January 25, 2010 at 1:46 am

    @andika -> program buat ISD2560 sepertinya saya sudah upload di tutorial ini…coba bandingkan dengan ISD2590 sepertinya sama…

  84. February 1, 2010 at 11:19 am

    mas,tanya lagi..hehhe
    aq kan beli jadinya rangkaian ISD 2590(Siap pakai).
    kendalanya:untuk menyambungkan/memutar lewat mikro ATMEGA8535 bagaimana mas…?
    apakah qta harus merekam dulu di ISD 2590?trus klo disambung ke mikro ke port apa mas…?
    Mohon bimbingannya…
    terimakasih, ;-)

  85. February 2, 2010 at 10:14 am

    mas mau tanya…
    saya mau buat alat hitung untuk tunanetra dngan output suara, output suaranya pke headset. media transmisinya ke headset pake bluetooth. pake ATMega8535. untuk suaranya disimpan di memory external(ex:MMC dll.).IC ISD apa bisa dipake buat manggil suara yang tersimpan di memory external itu??trus kira2 gambaran blok diagramnya gimana kalo emang bisa???
    makasih mas…

  86. Dayat Kurniawan
    February 3, 2010 at 2:24 am

    sepertiny ic isd ndak bisa digunakan…Anda mesti pake IC MP3/voice decoder…mungkin bisa dilihat disini http://www.embedds.com/simple-and-small-portable-avr-mp3-player/ atau http://www.mcselec.com/index.php?option=com_content&task=view&id=214&Itemid=57

  87. February 9, 2010 at 10:55 pm

    mas,programnya gmn agar IC ISD 2590 Bisa di panggil/di putar otomatis oleh mikro ATMEGA8535….?
    Kemarin uda aq coba program yg dari mas,tapi ko g bisa….?soale aq buat mendeteksi suhu tubuh manusia dg LM35 dan penguat LM358.
    bisa di jelasin caranya…?
    Kami tunggu bimbingannya…
    makasih sebelumnya…

  88. aqshel
    February 12, 2010 at 1:49 am

    mas dayat, saya mau buat alat perekam yang durasinya kira-kira 5 mnt++ pake ISD bisa apa g? klo g bisa pake chip ap ya? thanks.

    n mas klo ada link tentang pertanyaan saya td mohon di share thanks again.

  89. February 12, 2010 at 9:56 am

    mas,pertanyaanqu ko g dijawab??aqu butuh bgt bimbingannya…
    makasih,

  90. suci
    February 16, 2010 at 3:43 am

    mas,,
    bloh nanya ngg’?
    klo ISd2560 perkisaran harga nya brpa mas klo boleh tw?

  91. suci
    February 16, 2010 at 3:45 am

    maaf mas,,
    mau nanya klo IC ISd 2560 ini harga nya sekitar brpa yah?

  92. suci
    February 16, 2010 at 3:48 am

    maaf mas sekali,,
    bs minta softcopy nya ngg?
    plizz dund mas kirim ke email saya:
    cha_uci@yahoo.co.id

    untuk refrensi TA saya,
    trma ksh sblm nya mas…

  93. Dayat Kurniawan
    February 16, 2010 at 4:56 am

    @Suci -> harga ISDnya sekitar 250rb-300rb, lumayan mahal..source condenya sudah saya upload..dibaca dari awal..sudah ada linknya..

  94. yo3da
    February 16, 2010 at 5:17 am

    mas, minta juga donk softcopynya!

  95. Dayat Kurniawan
    February 16, 2010 at 8:32 am

    @Suci+Yo3da -> ini linknya http://www.ziddu.com/download/3555704/isd_8515.zip.html
    @Yo3da -> Klo cuman sekedar tanya2 mungkin ndak ada masalah…cara belinya kirim ke rec BCA 8760358747 a.n Dayat Kurniawan..setelah transfer harap konfirmasi..alamat pengiriman jangan lupa..

  96. suci
    February 17, 2010 at 7:07 am

    makasih mas tas info nya….

  97. Hakim
    February 19, 2010 at 9:59 am

    Halo, Sore

    Kalau IC dengan fungsi yang kira2 sama (Record dan Play) yang kisaran harganya dibawah 100 rb rupiah ada ga mas ?

    yang rangkaiannya simple aja.. trims

  98. Andriyo
    February 20, 2010 at 2:38 am

    Numpang tny mas…..
    Cr pengalamatan ISD itu bgmn y???
    prlu modul khusus/softwre…
    Mngingt ud sy cri ngalor ngidul ttep g nemu2,
    mklum msh amtir dlm ISD ini…
    Mhon wejangannya….
    Terima ksih

  99. Andriyo
    February 20, 2010 at 2:43 am

    oy mas….
    Mngingt hrg ISD2560 yg slangit..
    Ad g IC lain yg spek ny hmpir sm dg 2560
    yaitu 60s?lbih??
    tx

  100. wiltsy
    February 20, 2010 at 11:01 am

    sore mass..boleh nanya gak,,
    data suara yang di simpan dalam IC ISD ni dalam bentuk apa?
    biner, analog,atau digital??
    selai itu berapa bit data ?

    makasih

    mou sidang ni mas,,
    tapi masih bayak yang kurang tau tentang ic isd ini.
    mohon bantuanya ya,,
    ^_^

  101. Dayat Kurniawan
    February 22, 2010 at 1:29 am

    @Hakim –> coba cari ISD4004,ISD4003 series
    @Andriyo –> pengalamatan ISD apa ini?? cara pengalamatannya standart, menganai modul saya menyediakan modul ISD4003 kapasitas 4 menit –> Rp 450rb atau ISD4004 kapasitas 8 menit –> Rp 475rb, modul ini buat play/record voice…kapasitas yang lebih dari ISD2560 bisa dicari ISD4002,ISD4003,ISD4004
    @Wiltsy –> voice disimpan secara natural tanpa ada digitalisasi(bisa dibaca di audio quality pada datasheet).

  102. andriyo
    February 27, 2010 at 1:55 am

    Oo gt y mas
    tx dah klo gt infonya…
    heheheh
    Hrg ISD 2560-2590
    4002-4003
    smpai brp y mas?
    Mw kalkulasi budget bt TA ni…

  103. budi setyo
    March 4, 2010 at 7:55 am

    Aku punya IC ISD 25120, bisa 120 detik harga 150rb, siapa cepat dapat, telpku 0 2 7 4 – 9 4 2 8 8 7 4

  104. beni
    March 5, 2010 at 10:09 am

    sore mas,
    saya butuh tutorial untuk rangkaian mengisi suara ke isd 4003, dengan ic kontrol at89s52 dan bahasa assembly,

    prinsip kerjanya, ada 3 buah saklar, 1 saklar reset dan 1 saklar up dan 1 saklar down, setiap kali saklar up ditekan akan keluar suara “nomor satu” dan seterusnya. dan akan ditampilkan pada 7 segment 4 digit.

  105. hasan
    March 18, 2010 at 5:00 am

    salam kenal..
    mas, q mahasiswa elektronika universitas brawijaya malang angkatan 2008..
    ne skrng lg mw skripsi, rencananya se mw bwt ” DIGITAL DOWNLOADER ISD (INFORMATION STORAGE DEVICES) 25XX SERIES”
    ummm…
    kbetulan dl q jg pernah bwt alat “TERMOMETER BADAN DENGAN OUTPUT SUARA” nah setauq mas downloader untuk ISD itu kbanyakan yang maual bner g mas????
    yng manual bnyak kendala, proses perekaman yg rumit, pemutaran ulang, etc..
    blm lg kombinasi pin-pin A0-A9nya..
    rencanaq se pngen bwt yg digital gt..
    kira-kira gmn ms?!
    atur nuhuuunnnn….

  106. Dayat Kurniawan
    March 19, 2010 at 9:33 am

    @Adriyo : harga ISD25xx lebih mahal dari ISD400x, ISD400x adanya sekitar 100rb yang ada di pasaran.
    @Joseph : mas coba aplikasi yang saya buat pada artikel ini capture dengan 2 webcam..kalaupun tipenya sama kumungkinan masih bisa terdeteksi..
    @Beni : maaf saya ndak mempunyai tutorial ISD4003 dengan s52
    @Ono : maaf ndak punya mas
    @Andi Rama : kumungkinan bisa..di coba saja mas..
    @Hasan : kalo writer ISD4003 base komputer saya ada modulnya http://hanundany.wordpress.com/2009/10/09/dijual-modul-writer-isd4003/ , kalo yang ISD25xx saya ndak punya

  107. marini
    March 23, 2010 at 8:50 am

    mas….aq kan beli jadinya rangkaian ISD 4004(Siap pakai).
    kendalanya:untuk menyambungkan/memutar lewat mikro ATMEGA8535 bagaimana mas…?
    apakah qta harus merekam dulu di ISD 4004?trus klo disambung ke mikro ke port apa mas…?
    Mohon bimbingannya…
    terimakasih, ;-)

  108. gani
    March 23, 2010 at 4:35 pm

    mas klo tuk mendownload suara ke ic nya make software apaan…
    kan aq pakenya 25120, rangkaiannya tuk merekamnya ada, tapi tuk hubungin ke micro 5835 gmn…?

  109. widya
    March 29, 2010 at 3:50 am

    mas saya mo tanya saya masih bingung dengan pengalamatan n perekaman suatanya…lebih tepatnya mensingktonkan antara atmelnya n asdnya…mohon sarannya…

  110. widya
    March 29, 2010 at 3:53 am

    mas saya mo tanya…saya masih bingung dengan pengalamatan n perekaman suaranya…lebih tepatnya mensingkronkan antara AT89s51 dan isdnya…mohon sarannya

  111. arie wibowo
    April 1, 2010 at 11:20 am

    assalamualaikum
    mas saya mau tanya dunk, saya masih bingung cara merekam nya and trus klo pke at mega 8535 gmana ya mas, trus saya pke inputan nya sfr o4 ultrasonik…………
    yang pasti saya belum berhasil cara merekam and memangil alamatnya di atmega 8535
    bingung mas
    mohon bantuannya ya mas
    klo bisa di email ya mas di arie_wibowo_az@yahoo.com
    sebelumnya terima kasih banyak ya mas>>>>

  112. nep
    April 1, 2010 at 11:39 am

    Ass…
    mas saya mo tannya?
    sy lg tugas akhir?
    saya mo tnya?selain ic tipe ISD ada lg ga IC tipe lain untuk perekaman dan pemutaran suara?
    saya penah bc ad IC tipe APR6008 keluaran Aplus?
    ada ga ya Mas jualnya di indonesia?aku lg bingung ne?

    minta sarannya?
    trims

  113. Andriyo
    April 3, 2010 at 1:56 am

    @gani:
    kmrin beli 25120 dpt hrg brp?
    @ kang dayat:
    Tny lg kang,
    Pin
    CE?
    PD?
    P/R?
    Swktu Play-Record-Stand By-Stop Play-Stop Record,
    logika posisi pin”tsbt bgmn y?
    Mhon wejangannya…
    Matur Suwun

  114. Andriyo
    April 3, 2010 at 1:57 am

    Oy.. Untuk ISD 25xx tntuny…
    trima ksih

  115. April 7, 2010 at 7:17 am

    aslm… mas, mau tanya, saya kan lg bikin PA pake ISD, bisa ga kalo nyimpen alamat lebih dari 20… jawab ya mas…

  116. gani
    April 19, 2010 at 3:07 pm

    mas dayat, kemarin saya beli 25120 yg harga 265 rb dan modulny hrga 65 rb.
    nah terus setiap saya merekam dengan alamat yg berbeda ko suarany msh ada yg sama kadang2 suara yg direkam sebelumnya…?
    trus yang masalah timing diagram (playback dan record)…
    trus tuk inisialisasi isd pada bahasa c nya gmn???

    mas untuk informasinya bisa dikirim gani_seva@yahoo.com

  117. yudha
    April 22, 2010 at 10:12 am

    mas, saya sedang membuat PA tentang pengejaan kata. selain ISD apakah ada alternatif lain merekam suara yang memiliki akses alamat yang bisa random????

  118. xnuzer
    April 28, 2010 at 4:54 am

    keren…..
    ada orang yang sebaik mas dayat,
    minta bantuan langsung dikasih…

    saya tertarik ma ISD, maklum newbie cupu.
    thanks mas, aku numpang nyedot materi dari link yang dibuat jenengan.

  119. May 6, 2010 at 6:28 pm

    …met pagi…
    salam kenal….
    Mas Dayat, saya mohon bantuan untuk pembuatan bahasa program ATMEL AT89C51 untuk kontrol suara dari EEPROM M27C801 100F1.
    EEPROM sudah terisi dengan suara dg durasi 1menit 38detik, dan saya sudah membuat dalam bentuk rangkaian beserta penguat audionya dg menggunakan LM358. Masalahnya saya ga bisa untuk menuliskan bahasa pemrogramanannya supaya ATMEL bisa menjalankan EEPROM tersebut. Cara kerjanya cuma menjalankan suara dari EEPROM selama 1 menit 38detik saja kok. Dan setelah durasi habis, akan mengulang secara otomatis, dan seterusnya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
    email saya : dedy19.funky@yahoo.com

  120. selti
    May 27, 2010 at 4:44 am

    @gani kalo boleh tanya mas gani beli modul untuk ic isd 25120 dimana? kebetulan saya uda punya ic isd 25120 nya,,,, mohon infonya secepatnya ya mas….

    @mas dayat mas saya uda bikin rangk icnya sesuai dengan data sheet tp kenapa yah pas saya playback tidak ada keluaran suara sama sekali ?
    dan bisa enga saya minta softcopynya enga? buat TA saya mas,,, dan kalo mas juga jual ada enga modul ic tersebut? kalo ada berapa harganya…. jawabannya saya tunggu secepatnya yah mas,, urgent mas,,, makasiii (:

  121. Dayat Kurniawan
    May 27, 2010 at 4:56 am

    @selti –> maaf saya ndak punya modul yang dimaksud…ini link program http://www.ziddu.com/download/3555704/isd_8515.zip.html mungkin bisa membantu…

  122. selti
    May 27, 2010 at 5:15 am

    saya pake atmega 8535 mas,,, yang saya lihat mas kan pakenya atmega 8515, apa saya harus pake atmega yyg sama kaya yg mas pake? trus kalu boleh tanya mas bahasa pemograman mas pakai apa cv avr apa avr studio mas? makasii infonya,,,,

  123. anthoni
    May 29, 2010 at 12:51 am

    mas tl no telp. hp/kode area

  124. Dayat Kurniawan
    May 31, 2010 at 1:22 am

    @anthoni –> 081220440463
    @gian –> coba download dspack 234..di file demonya sudah ada contohnya..

  125. sukri
    June 6, 2010 at 3:52 pm

    aslkm….mas salam kenal saya sukri.!mw tanyak mas masalah isd2560.saya mw buat alat utuk skripsi, pengingat suara dengnan isd2560 segai peganti buzzer.
    saya bingung cara merekamnya gimana?terus kondisinya itu ada 4 tahap?
    1. tidak berbaya
    2.berbahaya
    3.sangat berbahaya
    4.segera ambil tindakan
    nach ke 4 suara itu yang akan saya recam ke isd2560 caranya gimana dan koneksinya ke atmega8535.? mohon bantuanya mas..terimah kasih sebelumnya.

  126. Dedy
    June 7, 2010 at 3:34 am

    pg..mas Dayat…
    salam kenal….
    Saya Dedy mas, td saya udah sms & email ke mas Dayat, tetapi lom da jawaban….
    Begini mas,saya punya masalah dengan TA yang saya bikin. Saya membuat rangkaian suara persis dengan yang punya mas, tetapi di sini saya menggunakan ISD25120 (120s) dan MikroKontroler AT89C51. Saya bingung dengan bahasanya. Saya copy-Paste program mas yang isd.c ke compiler kok error’s?o iya, saya menggunakan Minimum System HB2000W, karena dah terlanjur beli. Sedangkan program mas yang saya download menggunakan AVR. Poin apa saja yang harus di rubah mas…?????
    Mohon bantuannya….
    Thz banget…..

    -Dedy_
    email : dedy19.funky@yahoo.com

  127. mail
    June 27, 2010 at 10:06 am

    mas, mau tanya kalo cara menghapus hasil rekaman gimana ya? soalnya saat recoder jadi aku mencoba ngetes suara namun aku nggak bisa ngebuang hasil rekaman tes.

    kalo cara mengambil alamat hasil rekaman seperti apa? aku masih bingung. buat ke programnya

  128. juned
    June 28, 2010 at 1:26 pm

    mas,…. aku lagi pusing mikirin ISD. ISD ku g bisa record dan play….gmana mas????? klo ada listing programnya untuk 8535 tolong di email ke joe_messca@yahoo.co.id,……..
    thanks before mas,…..

  129. Dayat Kurniawan
    June 29, 2010 at 2:40 am

    @bent –> masalah koneksi DS1302 dengan avr, pada project diatas port yang digunakan adalah SCK –> PE0, IO –> PE1, CE –> PE2..
    @ffin –> maaf saya ndak punya referensi TVtuner dengan dspack
    @nia –> plat nomor kendaraan,,yang dibutuhkan capture gambar –> image processing –> JST (jaringan syaraf tiruan) –> plat nomor teridentifikasi
    @atom86 X –> thanks sudah bergabung
    @bimadita –> bisa pake LIbUSB , http://www.lvr.com/usb_host_software.htm
    @igi –> komponen ftp yang ada di http://www.chilkatsoft.com/ftp-2-activex.asp, memang trial…kalo mau free pake indy saya sudah build ini dengan delphinya
    @mail –> mas pake isd apa?? kalo pake isd2560 series mestinya di board writernya ada alamat setting waktu rekam..alamat itu yang digunakan untuk play nantinya..kalo mau menghapus,,mungkin cara yang paling gampangnya tumpuk saja dengan suara yang baru..suara lama otomatis akan tergantikan
    @juned –> ISD tipe apa ini?? klao pake isd2560 yang umum dipakai waktu record adalah mode push button…untuk playnya bisa mode push button atau dikendalikan lewar mikro..

  130. hasan
    July 2, 2010 at 6:13 am

    a.w.w..
    siang ms..
    ms itu bntuk gelombang penguat audio nya..
    yng chennel 1 n ch 2 yang mana ms?
    trus..
    blok diagram ISD smooting filter, antialliasi filter, itu guna n fungsinya seperti apa y?..
    mohon bantuannya..
    thx

  131. hasan
    July 2, 2010 at 6:18 am

    ms ad yng kurang..
    itu dlm data sheet rangkaian isd pin MIC REF & MIC kan ada kombinasi C & R bwt apa ya?
    apakah itu semacam filter?
    klo iya gmna y ms prinsip kerjanya..
    thx

  132. Dayat Kurniawan
    July 2, 2010 at 8:06 am

    @hasan –> sudah lupa yang mana ch1 dan ch2 nya,,yang jelas sinyal yang lebih tinggi output dari penguat,,untuk lebih jelas smooting filter bisa dilihat disini http://www.imagemet.com/WebHelp/spip.htm#hid_filters_smoothing.htm ,, sedangkan untuk antialiasing filter bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Anti-aliasing_filter .. kalo masalah kombinasi R dan C di MIC dan MIC REF mas bisa download application brief 22A untuk perancangan MIC..disitu dijelaskan link nya ada disini http://www.synoos.co.kr/05_customer/Materials/apbr22a.pdf semoga membantu..

  133. gani_seva
    July 4, 2010 at 8:39 am

    trima kasih mas,.. atas informasinya akhirnya alat saya bisa berfungsi,…

  134. Dayat Kurniawan
    July 5, 2010 at 1:30 am

    @boik –> maaf mas, untuk schematic memang tidak saya edarkan dalam produk2 yang saya jual..
    @gani –> sama2..

  135. Gani
    July 25, 2010 at 3:01 pm

    Mas mo tanya kata mas ic 25120 terdapat 600 alamat dan ada di datasheet…

  136. rio
    August 8, 2010 at 3:00 am

    mas ad comtoh listing program assembler untuk ISD tidak?
    sy bru bljr micro soalnya..
    tx

  137. Antoine
    August 10, 2010 at 1:40 pm

    mau tanya mas.. saya mo bikin pengukur jarak digital dengan output suara. tak rencanain pake ATmega 8535. trus tentunya ic ISD buat suaranya. yang saya tanyakan:

    1. proses pengalamatan suaranya (perekaman) ISD gimana ya?? pake pin A0 sampai A9 itu? misalnya untuk suara “satu” A0 = 1, trus suara “dua” A1 = 1 , dst. Gitu ya?

    2. trus untuk manggilnya dari mikro nulis alamatnya gimana ? misalnya untuk suara ” satu” (A0=1), nulisnya 0000000001 gitu po??

    (sorry bos bila ditanyain lagi… sedang pusing..!!! mbaca coment diatas tambah pusing..!!! maklum newbie..!!! hehe)

    salam metaLLL..!!!

  138. Dayat Kurniawan
    August 11, 2010 at 3:06 am

    @rio –> ada,di buku saya yang judulnya ‘ATMega8 dan aplikasinya’
    @Antoine –> pke alamat A0-A9 (A0->LSB,A9->MSB), caranya misal suara ‘satu’ –> 0000000000, suara ‘dua’ –> 0000000010, jarak alamat tergantung dari lama suara yang direkam. untuk ke mikronya bisa pake bilangan biner yang ditandai dengan 0b00000000 atau bentuk hexa 0×00

  139. Gani
    August 17, 2010 at 3:38 pm

    Mas saya ingin menanyakan berapa jumlah alamat pada ISD 25120? kata mas 600 alamat..
    mohon bantuannya ya mas…

  140. Dayat Kurniawan
    August 18, 2010 at 1:13 am
  141. September 1, 2010 at 7:26 pm

    bang,saya tertarik bs minta skema rangkaian nya gak??skalian perkiraan biaya??atu nuwun bang

  142. Gani
    September 27, 2010 at 3:31 am

    Mas saya ingin tau,.. perhitungan penguat LM386?

  143. Dayat Kurniawan
    September 27, 2010 at 4:50 am

    @dwiastanto –> sepertinya file schematic sudah ada upload,,coba cari linknya di command…biaya ISDnya yang mahal,..
    @jeruk –> harga buku sekitar 25rb..bisa untuk pemula,,tapi biar lebih paham mesti belajar dasarnya..
    @ahmad –> buku apa yang dimaksud??
    @gani –> LM386 difungsikan sebagai penguat apa??..biasanya digunakan sebagai penguat differensial…

  144. deby
    December 24, 2010 at 8:48 am

    mas mw tnya ni..lok bisa bls kilat y mas…ni saya dpt tugas kul untuk FUNGSI ISD1110 tu fungsinya ap ya mas???/bls y mas..trimakasih mas

  145. Dayat Kurniawan
    December 30, 2010 at 2:24 am

    @dwisetyawan : pada dasarnya RTC merupakan device yang menunjukkan time dan date,,kalo robotnya memerlukan informasi tersebut,rtc bisa digunakan,,intinya tergantung pada kebutuhan robot tersebut.
    @odox : mungkin ada unit yang belum terdefinisikan.
    @deby : mungkin fungsi untuk melakukan record/play untuk ISD1110

  146. iwan
    January 5, 2011 at 3:12 pm

    mas,mau tanya…..kalo mau mendownload hasil rekaman dari komputer ke ISD1420 pake sofware apa?kabel buat konektornya ke komputer pake apa?Thanks

  147. Dayat Kurniawan
    January 6, 2011 at 4:45 am

    @azis : thanks Sobat…
    @iwan : maaf, kurang tau mas…mungkin bisa dicari di mbah google…saya pakeknya ISD400x, softwarenya interfacenya saya buat sendiri…kalo buat kabelnya dari audio out komputer ke audio in modulISD400x..dibutuhkan juga kabel serial untuk perintahnya..

  148. dd
    January 29, 2011 at 3:11 am

    mas, cara penulisan alamat (A0-A10) pada set_play, play, set_rec, rec untuk isd4003 gmn y? bs kasih contoh. terimakasih

  149. wahid
    February 9, 2011 at 4:33 pm

    Ass. mas dayat saya mau nanya tentang penggunaan isd 25120. isd saya tidak mau merekam? itu kenapa ya mas??

  150. wahid
    February 9, 2011 at 4:36 pm

    ass. mas saya mau nanya tentang isd 25120. isd saya tidak mau merekam kenapa mas ya?

  151. Dayat Kurniawan
    February 10, 2011 at 12:07 pm

    @wahid : –> mungkin ada beberapa penyebab :
    1. koneksi sudah benar?? –> prosedure record nya sudah benar ato belum??
    2. seting alamat record sudah benar?? –> pastikan input (mic) bisa bekerja?? –> jangan lupa power suply di cek juga
    3. cek ISD dalam kondisi normal tidak panas?? jika panas kemungkinan ISD sudh rusak..

  152. mib
    February 12, 2011 at 2:08 pm

    sam, ayas bikin TA n pake isd2560, n sensor ultrasonik. N ayas mo tanya gmn prgrame buat isd biar output suara bs keluar sesuai jrk dr sensor, kl jauh suara pelan n kl dkt suara keras, tlg ksh tau
    trims

  153. Dayat Kurniawan
    February 14, 2011 at 8:36 am

    @mib –> teknik yang simple, pada penguat audionya gunakan potensiometer digital sehingga pelan kerasnya suara bisa dikontrol oleh mikrokontroller..

  154. mib
    February 17, 2011 at 3:19 pm

    sam ayas mo nanya…

    cara mrograme isd yang volume output suaranya tergantung dari pembacaan sensor, kalo sensor jauh suara pelan, kalo sensor baca dekat suara makin keras…. (sensor pake ultrasonik)…

    mohon bantuannya… trims

  155. Dayat Kurniawan
    February 17, 2011 at 3:53 pm

    @mib –> mungkin yg paling simple adalah menggunakan potensio digital pada puenguat audionya…potensio bisa dicontrol oleh mikro..

  156. rani
    February 25, 2011 at 6:40 am

    mas..ada g file eaglenya buat rangkaian isd 2560??

  157. Dayat Kurniawan
    February 25, 2011 at 2:41 pm

    @rani –> maaf sepertinya filenya sudah ndak ada…

  158. nancy natalia
    February 26, 2011 at 11:16 am

    asalamualaikum.,.,

    mas apa perekam ISD 2560 bisa di program pada CodeVision AVR??? kalo bisa gmana caranya yah mas???

    makasi sebelumnya.,.,

  159. Dayat Kurniawan
    February 28, 2011 at 11:09 am

    @ nancy => bisa mb,,caranya ya pertma mb mesti paham bagaimana record/play ISD2560 (prosedure –> bisa dilihat di datasheet)..kedua terjemahkan pemahaman mb pada langkah pertama ke dalam bahasa c yang ada di codevision..

  160. March 2, 2011 at 9:00 am

    maaf, mas saya mw tanya gimana program bahasa c untuk merekam suara di ISD 2590 yang dihubungkan dengan ATMega 16

  161. Dayat Kurniawan
    March 3, 2011 at 11:37 am

    @ vitri => maaf saya ndak ada yg pake bahaca C (belum buat) ada yg pake asm itupun pake atmega8515,,mungkin bisa dijadikan referensi dan mau mengconvert ke c link nya ada disini http://www.ziddu.com/download/14030301/isd_8515.zip.html

  162. tyas
    March 7, 2011 at 3:50 pm

    mas mau tanya, saya bikin alat pengarah arah kiblat untuk tuna netra, outputnya pake isd2560, input dgn cpmso3 sbg kompas, dgn mikro 8535, apa bisa pake isd2560, ??? trma kasih mas

  163. Dayat Kurniawan
    March 8, 2011 at 8:46 am

    @tyas => bisa pake ISD2560,,kalo mau kapasitas besar 4menit/8menit saya punya modulnya pake ISD400x, info lengkap ada di http://www.daneytech.com

  164. zaiq
    March 14, 2011 at 2:46 pm

    Assalamu’alakum.., mas mau tanya nih, untuk membedakan antara alamat 1 dengan lainnya gimana, misalnya 01h, 04h, 06h, alamat addres A0 – A9 kita switch atau bagaimana, misalnya untuk membuat alamat 01h kita harus beri logika alamat A0=1 dan A1-A7 berlogika 0 apakah begitu, maaf mas masih bingung nih trimakasih penjelasannya

  165. harry
    March 19, 2011 at 3:24 pm

    maz saya mau nanya,saya mw buat alat dengan isd 2560 dengan 3 jenis rekaman suara, satu rekaman suara sekitar 15 detik, bagaimana membuat program untuk mengambil data suara dengan MCS-51, ne email saya, israr_27@ymail.com

  166. razi
    March 21, 2011 at 3:02 pm

    mas, koq di eagle gk ad ya mas komponenya, pdhal dah pkek code isd atau 2590??
    ktanya mas dri coment di atas kn bsa pkek eagle, emank mas code searchnya apa??
    n terima ksh atas pencerahannya, sngat2 mmbntu mas..

  167. ital_bladers
    March 21, 2011 at 3:04 pm

    mas blh nanya kan???
    saya mau buat alat untuk memutar suara dengan ic isd 2560, sebanyak 3 rekaman
    satu rekaman sekitar 18 detik,,, bisa bantu program asemlernya ga????????
    saya pakai mcs-51

  168. Dayat Kurniawan
    March 22, 2011 at 11:51 am

    zaiq => yup bner spsti itu,,01h => 0000000001b (biner)..

  169. Dayat Kurniawan
    March 22, 2011 at 12:00 pm

    @harry -> di command ada link cara akses isd2560 pake avr atmega8515 ini linknya http://www.ziddu.com/download/14030301/isd_8515.zip.html ..kalo mau ngerubah ke mcs 51,,sama2 pake asm nya kok..
    @razi -> cari di library dg nama “ISD” tp yg ada cuman ISD400x,,kalo mau cari lib ISD25xx mungkin bisa langsung ke cadsoftnya –> download library…kalo masih ndak ketemu buat sendiri libnya hehehe..
    @ital_blades -> http://www.ziddu.com/download/14030301/isd_8515.zip.html itu link program isd25xx menggunakan avr8515 pake asm juga seperti mcs51,,,kalo mau konver ke mcs51 monggo,,hampir sama asmnya..

    NB : sy ada modul ISD4003/4 kapasitas 4-8menit,,mungkin bisa jadi alternatif (lebih detail ada di http://www.daneytech.com)

  170. razi
    April 4, 2011 at 11:40 am

    mas bisa gk saya beli modulnya?? :D
    soalnya udah mempet bngt mas…
    sbulan lg tpi masi 40%… :(

  171. noviyanto
    April 21, 2011 at 11:59 am

    asalamu’alaikum.wr.wb

    mas mw tanya qo ic saya ga kedengeran suaranya lagi ya ? apa gara2 kebanyakan ngerekam jadi rusak ? kalo mw beli dmn ya?n berapa harganya ?

  172. Dayat Kurniawan
    April 28, 2011 at 9:22 am

    @noviyanto –> waalaikumsalm..icnya panas ndak,,ic apa ini isd2560??,,coba cek aja di http://www.digi-ware.com…ada batasan rekam klo ndak salah 1000x,,cb cek di datasheet..

  173. rahmat
    May 5, 2011 at 3:03 pm

    permisi mas, pertanyaan saya yg mendasar saja,beli ic nya dimana y mas, sudah cari keliling2 web jarang ada yang menyediakan, mohon bantuannya mas

  174. Dayat Kurniawan
    May 8, 2011 at 1:05 pm

    @rahmat : ISD2560?? butuh berapa biji??

  175. May 9, 2011 at 5:35 pm

    Mas, mo nanya cara ngatur AGC ndk ISD tuh gmn (buat atur pengaturan volume otomatis), n apa bisa diatur pake program atau pake rangkaian tambahan????

    mohon balesan n bantuane mas…
    trims..
    (q pake ISD2560)

  176. Dayat Kurniawan
    May 11, 2011 at 2:00 pm

    @farabi : pake rangkaian,,sy belm coba yang programable..AGC hubungannya sama input voice jika kurang dari ketentuan,,,klo mau mengatur volume output bisa menggunakan rangkaian tambahan,,bisane digunakan lm386..ngatur volumenya pake potensio..

  177. May 11, 2011 at 9:40 pm

    itu volumenya otomatis ap masih manual…
    q butuh yang pengaturane otomatis soale mas…..

  178. tommy
    May 11, 2011 at 9:44 pm

    mas, punya program nya ISD2560 g? saya coba download dari ziddu.com kog g bisa ya? tolong bantuannya mas?

  179. tommy
    May 11, 2011 at 9:46 pm

    mas, punya program nya ISD2560 g? saya coba download dari ziddu.com kog g bisa ya? tolong bantuannya mas.. maaf salah tanda baca mas.. hehe,,,

  180. Dayat Kurniawan
    May 12, 2011 at 2:22 pm

    @farabi -> manual pake potensio meter,,,klo mau diatur bisa pake potensio digital..

  181. david
    May 12, 2011 at 2:38 pm

    maaf kalau mengganggu,, saya kurang paham soal elektronika
    tapi saya tertarik untuk alat ini, kalau mau bikin kira2 butuh biaya barapa yah?
    dan kalau mau beli yg sudah jadi dimana yah?

  182. Anton
    May 12, 2011 at 8:06 pm

    mas punya contoh program dalam bahasa C ga?? kalo ada bisa di share mas.. terimakasih sebelumnya mas..

  183. Anton
    May 12, 2011 at 8:20 pm

    mas mau tanya lagi, saya sedang membuat jam digital dengan output suara…
    apakah dengan menggunakan isd25120 bisa?

    saya masih bingung mas, isd25120 memiliki maksimal address sebanyak 600. apakah itu berarti kita hanya bisa melakukan 600 kali perekaman??

  184. Dayat Kurniawan
    May 14, 2011 at 10:11 pm

    @anton –> bisa pake isd25120…klo recordny klo ndak salah 10.000 kali,,yang 600 itu jumlah alamatnya,,dari situ bisa dikonversi per alamat berapa secon..klo program c ndak punya mas,,,selamat berkarya..

  185. Anton
    May 16, 2011 at 9:12 am

    trimakasih infonya mas, nanti kalo ada yang bingung saya tanya lagi ya mas…. ^^

  186. Anton
    May 16, 2011 at 9:50 am

    mas mau tanya lagi, kira-kira bisa ga jika jam digital dengan output suara ini menggunakan RTC??

    Trimakasih sebelmumnya mas..

  187. May 16, 2011 at 12:07 pm

    maaf mas baru sempet bales, saya butuh tergantung harganya mas

    emang berapaan mas

  188. Anton
    May 16, 2011 at 5:45 pm

    @mas Rahmat : coba mas tanyakan di digiware surabaya.. saya kemaren tanya disitu ada kok mas…

  189. Dayat Kurniawan
    May 17, 2011 at 7:22 am

    @anton –> bisa nho..RTC yg dipake bisa yg i2c,parallel..
    @rahmat –> hargane cek di http://www.digi-ware.com..

  190. May 17, 2011 at 9:20 pm

    trus kalo pake potensiometer digital itu, potensiometer.e tipenya apa, n rangkaian kayak gimana, n kalo mas ada model rangkaiannya kalo bisa dikirim ke emailq @ farabayakbar@yahoo.com hehehe…. mohon bantuan.e mas soale aku g pernah pake yang namane potensiometer digital.
    makasih banyak n mohon bantuane mas…..

  191. Anton
    May 18, 2011 at 12:05 pm

    mas mau tanya lagi. pin dari isd25120 yang disambung ke mikrokontroler itu pin berapa saja mas?? kebetulan mikro yang saya pakai ATmega 16L

  192. May 24, 2011 at 1:57 pm

    mas…saya sudah download artikel yang di blog ini,dh saya buat rangkaiannya tp kok msh dengung ya???isd2560…output cma satu suara tp agak lama…tolong di blz ya mas….

  193. Rust
    June 10, 2011 at 7:02 am

    mas mau nanya nih.. sy nyoba ISD 4004 dan udah buat rangkain dasarnya sama kayak yang ada di datasheet. Terus caranya masukin suaranya gimana y mas? apa harus lewat komputer?

  194. mus
    July 12, 2011 at 9:01 am

    mas mau tanya ni, sistem minimum untuk merekam dan menedengarkan kembali di ISD25120 bgaimana y rangkaiannya, mohon di bantu mas, terima kasih

  195. July 18, 2011 at 8:56 am

    mas boleh liat rangkaian detailnya ga mas…?o y saya mau buat alarm adzan mas.. jadi biar bisa muter suara adzan gitu mas.. Punya referensi nya ga mas..Trims sebelumnya…

  196. August 7, 2011 at 10:39 pm

    Bang, saya bisa beli hardware dan pendukungnya tdk?
    Berapa biayanya?

  197. Rio
    October 13, 2011 at 12:56 am

    pagi mas.. :)

    saya berencana membuat proyek : keyboard braile dengan ouput suara
    dari ouput suaranya sendiri saya menggunakan IC ISD25120
    inputannya dari : keyboard

    yang mau saya tanyakan :
    -apakah bisa bekerja pada arduino dengan atmega 328?
    -ada nggak rangkaian untuk amplifier ISD25120 nya sendiri?

    mohon bantuannya ya mas..
    thank’s :)

  198. Dayat Kurniawan
    October 14, 2011 at 10:35 am

    @ Rio -> dilihat portnya mega328 cukup tidak sama ISD25120, amplifiernya mungkin bisa dicoba pake lm386..

  199. wahyu_k
    October 16, 2011 at 7:54 pm

    mas saya ingin membuat rangkaian penguat audio LM386 seperti ini..

    bagaimana analisisnya? Terima Kasih

  200. Anonymous
    October 20, 2011 at 9:54 pm

    mas saya mau buat jam digital dengan output suara. pake arduino ATmega328, LCD sebagai penampil terus pk isd2560 sebagai perekamnya. apakah bisa mas. terus cara merangkai dan programnya gimana??? thx..

  201. Dayat Kurniawan
    October 24, 2011 at 2:42 pm

    @Angga => dicoba sja mas,,
    @ Wahyu => mungkin bisa dilhat keluarannya di osciloscope

  202. Pengunjung
    November 15, 2011 at 5:40 pm

    Kalau membutuhkan HEX FILE atmega untuk merekam dan memutar IC ISD4004 bisa email ke hightechnologi@yahoo.co.id (maaf tak disertakan source codenya)

  203. dede
    December 17, 2011 at 11:50 am

    mas mau tanya,vcca dan vccd pada pin isd 4003 berapa volt ya?tx B4.

  204. Ian
    December 25, 2011 at 9:29 am

    Mas, dengan menggunakan IC ISD25120 + Modul ISD25 Series seperti yang dijual pada http://www.digi-ware.com apakah masih diperlukan rangkaian penguat LM386 untuk mendengarkan suara yang telah direkam?
    mohon bantuan bit address untuk merekamnya dong mas :D

  205. ruddy
    December 27, 2011 at 8:37 pm

    Mas… wave player dgn Micro sd saya berminat tapi saya belum mengerti cara menggunakannya ? Apabila didalam micro sd ada sepuluh file wafe apa bisa kita putar sesuai keinginan kita ? Sebelumnya terima kasih.

  206. chacha
    January 24, 2012 at 6:32 pm

    mass ,, ada rangkaian penguat yang pakai ISD 4004 ngga ? misal rangkaian penguat yang ada di pdf , ISD sama ATMEGA nya diganti masi bisa dipakai sesuai target ? bagian mana yang harus diganti ?
    mohon balasan nya
    terimakasih

  207. Anonymous
    March 20, 2012 at 12:53 pm

    mas mau tanya kalau megeluari output suara deangan atmega-micro sd bisa ga

  208. dara
    April 29, 2012 at 3:01 pm

    numpang lapak.. jual ISD 2560 .. 290 rb (sdh termaksud ongkir) yang minat email ke coolchild29@rocketmail.com

  209. saputro hanny
    May 2, 2012 at 1:20 pm

    assalamu’alaikum,..
    mas mw tanya,.
    klw caranya buat merekam dan mengendalikan ISD 4002 itu gmna ya mas,…

  210. Dayat Kurniawan
    May 3, 2012 at 7:58 am

    @nurul –> bisa aja,diakalin pake delphi/vb/vc buat serialnya,dari delphi ke mysql,,terus php buat nampilin di web data mysql tersebut..klo ndak mau repot cari aja php serial,sepertinya php sudah bisa nanganin serial
    @Ahmad Gumelar –> modul ISD4003 bisa digunakan,di modul itu dikasih contoh source code dalam c untuk proses play-nya
    @pajero –> mungkin masih ada yang salah mas,,cubo cek2 lagi.
    @suparto hanny –> isd4002 pake spi(miso,mosi,sck,ss).disini jual modulnya http://daneytech.com/product.php?id_product=11

  211. diemaz
    May 9, 2012 at 8:03 pm

    mas numpang tanya nee
    selain ic isd 2560 ada lagi gaq yang bisa untuk merekam dan menjalan kan suara
    tanks

  212. diemaz
    May 9, 2012 at 8:21 pm

    satu lagi mas
    dmna bsa membeli rangkaian komplitnya???
    thank’s

  213. Dayat Kurniawan
  214. windoe
    May 10, 2012 at 2:56 pm

    mas klo menyimpan program misalnya seperti suara dan kecepatan pada micro SD itu gmna ya??
    bisa bntu gak mas,
    klo ada listing programna minta ya mas..
    makasie mas

  215. Anonymous
    May 28, 2012 at 11:41 am

    mw tnya ne mas
    dmn kita bisa beli ic isd 2560 dan rangkaiannya??
    mohon bantuannya mas
    sbulan lagi mw sidang nee
    tolong ya mas???

  216. Dayat Kurniawan
    May 28, 2012 at 3:58 pm

    @Anonymous –> IC ISD2560 bisa di cek di digi-ware.com
    @windoe –> sy ada modul datalogger http://daneytech.com/product.php?id_product=47,,mungkin bisa digunakan

  217. Anonymous
    May 31, 2012 at 11:07 am

    mas dayat kira2 punya stok ic isd 2560 nya gq
    kl da brp hrga-a??

  218. Anonymous
    May 31, 2012 at 11:32 am

    kl bsa ma rangkaian modulnya juga y mas

  219. Anonymous
    June 9, 2012 at 6:51 pm

    klw caranya interfacex gmna,…..

  220. iyan
    June 20, 2012 at 2:54 pm

    maaf mas, mau tnya..
    ic ISD itu bisa dipake di port mana aja mas ke mikrokontrolernya (8535)?
    apakah semua port bisa digunakan?

  221. Ve
    July 14, 2012 at 8:55 am

    Mas, mw tanya dong.
    aku tuh lagi buat alat menggunakan sensor suara.
    Kalau diperintahin “ON” trus alatnya bakal ON otomatis
    kira2 IC apa ya yang bisa digunain buat membaca perintah suara kyk gtu?

    kalo pake IC seri ISD25** bisa gak?
    mksudnya prtama2 smua perintah disimpan di ISD25**, tar sinyal analog diubah k digital.
    trus ICnya itu jg dpake lagi buat nerima perintah trus pake program dibandingin suara perintah yg masuk sm yg kesimpan d memori.
    bs ga tuh mas??

    tolong ya mas ya. buntu ni..

  222. Anonymous
    September 12, 2012 at 6:34 pm

    Jual modul IC ISD4004 bisa merekam dan memutar suara 16 ,emit, harga 200rb termasuk code sample dengan codevision, hub 089-601-202-481

  223. Anonymous
    October 1, 2012 at 11:47 pm

    mas sya mau nnya .
    saya lg tugas akhir yg judul nya mncari arah kiblat dengan output suara.
    saya pake isd25120 mas..
    dan suara ny, suaara adzan mas..
    gmn cara ny download saura ny mas?

  224. Budi
    November 20, 2012 at 4:03 pm

    mas ada yang masih jual isd 2590/25120 gak?
    dan harganya berpa?

  225. wahyu
    December 14, 2012 at 12:10 am

    Ane berbagi ilmu tntang pengalamatan recordnya gan buat pemanggil data dari mikro.
    itu kan contoh isd 25xx mempunyai alamat 600(data sheet), trus durasi record ya tergantung tipe .contohny 25120, 120 secont.

    nah kan setiap alamat suara yang di rekam 0,2s = 1 alamat.
    jadi kan 1s=5 alamat.

    contohnya merekam selama 5 secon/detik,
    maka 5*5=25 alamat dan secara default data akan di letakan pertama kali di alamat 00h..

    dan klw untuk pengecekan ulang tata letak suara di simpan di alamat yang mna, maka lebih baik melakukan perhitungan berdasarkan rumus yang ane ketik di atas gan…

    Semoga Membantu

  226. wahyu
    December 14, 2012 at 12:41 am

    Dan Gan klw sya sndri lebih enak menggunakn perhitungan manual pkai binary…

    jadi lebih mudah memastikan Pin Address yang mana di pakai untuk memanggil Suara dari iC ISD tersb ( posisi record secara default).

    conthnya:
    saya merekam 1s, berarti 5 alamat yang digunakan yaitu (0000000000b-0000000101b)
    dan keterangan dari nilai binary tsb adalah di baca dari mulai pojok samping kanan ke kiri, yaitu dimulai dengan nilai Pin A0.

    link acuan gambar :http://imageshack.us/photo/my-images/842/40270294.jpg/

    smoga membantu

  227. uwietya
    June 10, 2013 at 10:37 pm

    mas klo misalnya merekem suara pke isd yg kapasitas 6 menit bisa gk menggunakan atemega16?
    mohon bimbingannya yah mas..
    klo misalnya mas sudh ada modulnya yg saya tanyakn di ats..nisa kasih tau gk harganya?

  228. ferry
    July 6, 2013 at 11:26 am

    gan saya mau nanya gimana si menyimpan suara yg berbeda sebanyak 10 alatnya gmn???
    trus udah saya coba alamatnya ada yg ketiban alamat lainnya…. jadi saling tiban suara…harusnya suara “satu”jadi kluarnya “satu dan dua”

  229. rangga_17
    December 15, 2013 at 3:37 pm

    mas saya bisa minta contoh software nya ISD yg pakek ATmega8?
    mohon bantuan nya mas terimakasih… email di sini ya mas : ranggasantos17@gmail.com

  230. fernando
    April 5, 2014 at 6:11 am

    Mas, mau nanya nih mas, ada yg jual modul ic suaranya ga ya mas?

  231. aryn
    June 21, 2014 at 12:41 am

    mas bro saya sedang buat tugas akhir, tadi saya coba klik downlod link source program sama rangkaian ke atmega8535, kmo ga bisa di download yah?

  232. aryn
    June 21, 2014 at 12:49 am

    kalo berkenan mas bro bisa tolong kirim ke email saya ga? contoh cara gabungin isd sama atmega8535, sama cara mrogramnya….
    ini email saya aryn.arifin@gmail.com
    makasih sebelumnya…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: